karyaindpras Apa Itu SEO? | Indra_Prasetya

Senin, 14 Mei 2012

Apa Itu SEO?

Apa Itu SEO?
SEO? SEO? Lagi-lagi SEO?
SEO adalah kata yang mungkin sudah tidak terlalu asing di telinga para pengguna internet. Namun tahukah Sobat IndPras makna dan arti dari SEO? Mari kita bahas dalam artikel ini.

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimazaton. Yakni jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari.  Secara sederhana, SEO dapat diartikan sebagai sebuah teknik dan proses yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak jumlah kunjungan ke sebuah website lewat mesin pencari.
SEO adalah makan wajib bagi semua blogger dan web developer yang ingin website atau blognya kebanjiran pengunjung dan tidak mati karena kehilangan trafiic.
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Makin banyak pengunjung yang datang, maka makin besar peluang si pemilik website/blog untuk menjual produknya maupun paling tidak berbagi informasi yang ia miliki.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

2 Jenis Pembagian SEO Berdasarkan Penerapannya

Ada 2 jenis SEO, yakni:
  • SEO On Page. Adalah teknik SEO yang difokuskan pada internal website/blog. Aktifitas on-page ini menyangkut rekayasa terhadap elemen dan isi blog atau website kita, misalnya memilih domain yang tepat, mempublikasikan konten original, menambahkan meta tag (kode untuk merangsang mesin pencari supaya datang ke blog kita), dan lain sebagainya.

  • SEO Of Page. Adalah teknik SEO yang difokuskan pada eksternal website. Aktifitas of page menyangkut kegiatan di luar blog kita. Seperti submit artikel ke situs social bookmarking, promosi lewat jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter), blogwalking (jalan-jalan dan berkomentar) di blog lain.

Pentingnya SEO Bagi Mereka yang Go Public Lewat Internet

Bagi mereka yang menjangkau publik lewat internet maka SEO itu sangat penting. Mengapa penting?
Sebab dengan SEO yang baik maka blog atau website yang mereka gunakan sebagai sarana publikasi akan mudah terindeks di halaman depan mesin pencari. Dengan begitu, orang yang mencari informasi lewat mesin pencari dapat dengan mudah menemukan website atau blog mereka.

Beberapa Tips Seputar SEO

Ada beberapa tips seputar SEO. Dengan tips-tips dasar ini, maka SEO yang baik bisa Sobat praktikkan. Silakan kembangkan beberapa tips dasar berikut ini.
  1. Selalu tampilkan konten yang bermanfaat dan original di website Sobat.
  2. Lakukan blogwalking (kegiatan mengunjungi dan berkomentar di blog lain).
  3. Selalu submit artikel Sobat ke situs social bookmarking.
  4. Mendaftarkan website dan blog Sobat di Google, Yahoo dan mesin pencari utama lainnya.
  5. Memasang sebanyak mungkin link yang baik ke website utama Sobat.
  6. Lakukan promosi yang baik lewat situs jejaring sosial.
  7. Lakukan promosi dan aktif di forum diskusi, seperti Kaskus, VivaNews, DPB dan lain sebagainya.
  8. Jangan lupa pasang iklan di internet, baik gratis maupun berbayar.
  9. Pilih Judul konten yang biasa dicari oleh pembaca semakin tepat semakin baik.
Nah itulah beberapa tips dasar yang bisa Sobat terapkan untuk melakukan teknik SEO.
Dan Akhirnya Mohon maaf bila ada salah-salah dalam pengetikan atau kata-kata saya, terima kasih atas perhatian Sobat (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi saya
terimaksih ^_^

maaf kepada seluruh pengunjung semua link download akan diarahkan ke adf.ly maka hal yang harus dilakukan tunggu saja timer pada sebelah pojok kanan atas hingga muncul skip ad klik kotak tersebut maka akan menuju link downloadnya. perlu diketahui sahabat tidak hanya dapat mengunduh file namun juga dapat berdonasi secara tidak langsung kepada kami. sekali lagi mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.