karyaindpras Mengenal Google Analytics | Indra_Prasetya

Selasa, 29 Mei 2012

Mengenal Google Analytics

Google Analytics - seperti halnya histats.com atau Hit Counter yaitu sebuah tools untuk menganalisa tentang blog kita. Seperti yang tertulis di situs resminya Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat Anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi. Sebagai kesimpulan dari statement tersebut Google Analytics, tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang:
  • Berapa pengunjung blog Sobat yang datang tiap harinya
  • Berapa lama mereka nognkrong di blogSobat
  • Browser apa yang mereka gunakan
  • Dengan cara apa mereka datang, misalnya naik ojek atau angkot (maksudnya lewat search engine, lewat situs orang lain atau langsung datang Tak sengaja).
  • Dari negara mana mereka datang bule atau lokal
  • Lebih jelasnya Coba sendiri, Oke Sob!!!
Nah, pengen coba gak tuh? kalo pengen langsung meluncur saja kesini http://google.com/analytics

Syarat
  1. Siap Dhohir bathin
  2. Punya account di google, maksudnya gmail. => sepengetahuan saya kalau account lain bisa ya Alkhamdulillah
  3. Nah ntar apa Sobat mau mengunakan account tersebut atau buat account baru, biar kagak ribet pakai saja Account yang udah sobat punya
  4. Slanjutnya isi form seperti,
    Account Name : Nama akun Google Analytics
    Website's URL : URL blog yang kita daftarkan pada Google Analytics. Kita isi dengan nama blog kita, pilih salah satunya apakah menggunakan www atau non www.
    Sharing Setting : pilih opsi yang sobat suka apakah hasil data dan analisa yang ditunjukkan pada Google Analytics boleh di share pada pihak ketiga atau hanya kita sendiri.
    Jangan lupa pula untuk mensetting, Time Zone dan Country / negara kita.

    Setelah data - data yang diminta telah kita isi, jangan lupa sahabat blogger untuk mencentang kotak Terms And Conditions sebagai tanda persetujuan kita dalam menggunakan layanan Google Analytics. Kemudian klik tombol Create Account.
  5. Di halaman selanjutnya, kita akan mendapatkan script Google Analytics. Copy Script tersebut dan kemudian kita lakukan langkah B.Cara Mendaftar dan Memasang Google Analytics di blog terutama blogspot 
  6. Nha setelah itu kopi kode/script tersebut, trus pasang deh di blog kita
  7. Selesai dah.
Nb: Perlu diingat datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap ganti hari. untuk baca lebih lanjut silahkan ke situs resminya disini Demikian Selamat mencoba (^_^)

1 komentar:

Berikan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi saya
terimaksih ^_^

maaf kepada seluruh pengunjung semua link download akan diarahkan ke adf.ly maka hal yang harus dilakukan tunggu saja timer pada sebelah pojok kanan atas hingga muncul skip ad klik kotak tersebut maka akan menuju link downloadnya. perlu diketahui sahabat tidak hanya dapat mengunduh file namun juga dapat berdonasi secara tidak langsung kepada kami. sekali lagi mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.